JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SERASI Jadikan Rawa sebagai Lumbung Pangan Nasional

BARITO KUALA - Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Badan Litbang Pertanian (Dr. Fadjry Djufry) bersama Gubernur Kalsel yang diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Prov. Kalsel, Dirjen PSP Kementan RI melakukan panen padi perdana di lahan percontohan (demfarm) program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di Desa Jejangkit Muara, Kec. Jejangkit, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan (6/11/2019).

Selain dihadiri para Kepala Unit Kerja (UK) Badan Litbang Pertanian juga dihadiri beberapa Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPTP yang agroekosistemnya rawa, seperti Sumsel, Jambi, Riau, Lampung, Kalteng, Kalbar, Sulbar, Sulsel, dan Papua
Kepala BPTP Kalteng (DR.Syamsuddin) hadir bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov.Kalteng.(Ir.Hj.Sunarti,MM), Kadis Pertanian Kapuas dan Kadis Pulang Pisau. Seperti diketahui Kalteng memperoleh alokasi kegiatan SERASI seluas 50 ribu ha, dan yang telah terverifikasi lapangan seluas 25 ribu ha, terluas ada di kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, sisanya tersebar di kab. Barito Timur, Kotawaringun Timur dan Katingan.

Sekitar seribu petani dan penyuluh menghadiri acara yang menggelar demfarm implementasi seluruh paket teknologi terpadu pengelolaan lahan rawa Badan Litbang Pertanian, terutama teknologi inovasi padi yang diintegrasikan dengan bididaya hortikultura, pemeliharaan itik, dan budidaya ikan, serta sistem kelembagaannya. Desa Jejangkit merupakan lokasi HPS ke 38 tahun 2018 yang menjadi tonggak dimulainya program Serasi.

Program SERASI diharapkan menjadikan lahan rawa sebagai harapan baru penyediaan pangan di Indonesia. (Adm)