JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Jabfung, AK Tahunan dan HKM Jadi Syarat Mutlak Peneliti

PALANGKA RAYA - Bertempat di Aula BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah pada senin (25/11/2019), seluruh Peneliti BPTP Kalteng melaksanakan Sosialisasi Fungsional Peneliti. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Workshop Peningkatan Kapasitas Jabatan Fungsional Peneliti yang dilaksanakan tim Majelis Asesor Peneliti Instansi (MAPI) di Yogyakarta.

Sosialisasi yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peneliti mengenai Hasil Kerja Minimal (HKM), unsur-unsur penilaian angka kredit dan pengisian E-Peneliti versi 1.0. Dalam hal ini peneliti madya BPTP Kalteng yang menjadi salah satu tim asesor, Dr. Susilawati, SP, M.Si,  mendapat kesempatan untuk menyampaikan sosialisasi tersebut.

Diberlakukannya Perka LIPI No. 14 Tahun 2018,  Permenpan RB No. 34 tahun 2018 dan No. 13 Tahun 2019  berkaitan dengan kenaikan jabatan fungsional peneliti dalam karier fungsionalnya. Peraturan tersebut mengatur mengenai usulan Angka Kredit (AK), HKM dan Formasi jabatan peneliti di instansinya dimana formasi peneliti saat ini mengikuti formasi yang telah diatur LIPI.

Dalam jenjang fungsional peneliti ditetapkan dalam Peraturan LIPI No. 14 tahun 2018, terdapat HKM yang harus dipenuhi untuk menduduki jenjang fungsional tertentu. Selama 4 tahun peneliti harus memenuhi HKM untuk kenaikan pangkat dalam jenjang fungsional peneliti yang sama atau untuk tetap aktif sebagai peneliti dalam jenjang yang sama (maintenance). Untuk peneliti, output yang dapat dinilai sebagai AK tahunan dan HKM adalah KTI yang sudah dipublikasikan. Penentuan kenaikan jabatan fungsional peneliti saat ini dipenuhi melalui ujian kompetensi yang harus dilaksanakan oleh peneliti.

Untuk memudahkan evaluasi berkas AK tahunan dan HKM Peneliti terkait peraturan tersebut, LIPI mengupgrade aplikasi E-peneliti dari versi 0,85 ke E-peneliti versi 1.0.  Dengan E-peneliti, setiap peneliti diharuskan untuk dapat mengoperasionalkan aplikasi tersebut. Dalam sosialisasi ini juga asesor membantu tatacara pengisian E-peneliti mengingat batas waktu pengajuan AK tahunan adalah minggu terakhir Desember tahun berjalan hingga minggu kedua Januari tahun berikutnya. Adanya sosialisasi tersebut sangat membantu Peneliti BPTP Kalteng untuk memecahkan kesulitan-kesulitan pengisian pengajuan AK tahunan dan HKM pada aplikasi E-peneliti. (Vidy)