JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Bekali Warga Desa Bentuk Jaya Olah Cabai dan Bawang

KAPUAS - Tim Penyuluh BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah kembali mengisi materi dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Bawang merah dan Cabai yang kali ini diselenggarakan di Desa Bentuk Jaya, Dadahup, Kabupaten Kapuas. (25/11/2019).

Bimtek tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Hortikultura Kab. Kapuas, Kasie. Perlintan Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Kepala Desa Bentuk Jaya, PPL setempat serta  peserta dari Kelompok Tani dan Wanita Tani Berkat Mufakat.

Seperti sebelumnya di Kab. Kotim, pada kesempatan kali ini di Kapuas selain pemaparan materi Pengolahan dan Pemasaran Hasil dari Penyuluh BPTP Kalteng juga diikuti dengan pemberian bantuan alat-alat pengolahan hasil seperti blender, alat penutup botol, pisau, wajan dan kompor dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan. Susan Sevina, Kabid Hortikultura Kab. Kapuas dalam sambutannya menyampaikan bahwa produksi cabai di Kapuas sangat melimpah sehingga dengan adanya Bimtek dan bantuan alat-alat tersebut menjadi solusi untuk memanfaatkannya sebagai produk olahan sehingga memiliki nilai tambah komoditas tersebut. Ia berharap alat-alat tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kelompok Wanita Tani juga Ibu rumah tangga lainnya di Desa Bentuk Jaya,

“Ibu-ibu yang tidak ikut menanam bisa juga belajar, paling tidak ikut membuat olahan hasilnya”, imbuhnya.

Sintha E.P, STP, Hijrah Tunisa, SP, M.Si dan Hia Cinta, T, SST, Penyuluh BPTP Kalteng berharap materi pengolahan dan pemasaran hasil yang disampaikan dapat membekali para Wanita tani dan ibu rumah tangga setempat untuk memulai pengembangan usaha di bidang pengolahan hasil khususnya cabai dan bawang merah. Mardas, Kasie Hortikultura TPHP Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa sebagai petani kecil yang memulai usaha kecil dan ingin bersaing dengan usaha besar yang sudah memiliki brand image tidaklah mudah bahkan cenderung sulit. Bimtek ini adalah upaya peningkatan sumberdaya manusia untuk mampu berdaya saing dengan pengusaha besar dalam pemanfaatan pengolahan hasil pertanian dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani hortikultura. (Vidy)