JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Memupuk Peningkatan Minat Usaha Pertanian dalam Temu Lapang PTT Padi Pasang Surut

KAPUAS - Kegiatan temu lapang pengelolaan tanaman terpadu (PTT) padi pasang surut yang diadakan oleh BPTP Kalimantan Tengah di Kebun Percobaan (KP) Unit Tatas Kabupaten Kapuas pada tanggal 03 Desember 2019 yang mulai pada pukul 08.00 wib sampai pukul 11.00 wib, dihadiri oleh sekitar 170 peserta dari berbagai profesi, mulai dari Siswa dan Siswi SMK, Petani, Poktan, dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Kapuas.

Acara dibuka ucapan selamat datang oleh Kepala KP Unit Tatas H. Saferaniansyah, S.Pt, ME. Kemudian acara sambutan Kepala Dinas Kabupaten Kapuas yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan Jarwadi, SP., MM. dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala BPTP Kalimantan Tengah Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc sekaligus membuka acara Temu Lapang.
Materi optimalisasi fungsi Kebun Percobaan (KP) Unit Tatas sebagai media diseminasi inovasi dan sosialisasi kostra tani (komando strategis pembangunan pertanian) oleh Kasi KSPP BPTP Kalimantan Tengah Dr. Dedy Irwandi, M.Si.
Pemateri selanjutnya yaitu Kepala Kebun Percobaan Unit Tatas Saferaniansyah, S.Pt, ME. mengenai Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi pasang surut dengan materi pertama yaitu penggunaan benih: (klasifikasi benih, cara menghitung kebutuhan bersih, perlakuan benih, dan VUB). Materi kedua pengolahan tanah, kemudian sistem persemaian dilanjutkan materi sistem tanam dan penggunaan alat mesin tanam padi. Materi selanjutnya yaitu tentang sistem pemeliharaan dan PHT dan materi terakhir pasca panen. 
Materi selanjutnya disampaikan oleh Alumni Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian UPR Suhendro, SP., mengenai peluang menjadi wirausaha muda pertanian (hidroponik).
Acara selanjutnya dan yang paling menarik minat peserta yaitu sesi tanya jawab, dan dilanjutkan pengarahan sekaligus menutup acara temu lapang oleh Dr. Dedy Irwandi, M.Si.
Melihat dari rangkaian acara dari awal sampai akhir, materi yang disampaikan cukup menarik minat peserta dilihat dari jumlah peserta yang ingin berdiskusi, temu lapang diakhiri dengan kunjungan kelapangan untuk melihat lebih dekat Kebun Percobaan Unit Tatas Kapuas. (Laela)