JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Hadiri Panen Perdana Tani Mas SMA N 4 Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Setelah undangan di SMK N  7 Palangka Raya, BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah kembali diundang dalam pelaksanaan panen perdana program  pendampingan kegiatan Pertanian Masuk Sekolah (Tani Mas) di SMA Negeri 4 Palangka Raya (13/01/2019).

Dalam kesempatan tersebut  hadir Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajarannya, Kasie KSPP BPTP Kalteng, Penyuluh Kota Palangka Raya,  Kepala Sekolah SMA N 4 Palangka Raya beserta guru-guru pendamping kegiatan Tani Mas dan siswa-siswi pelaksana program Tani Mas. Kegiatan yang diawali pada Desember 2019 lalu saat ini sebagian tanaman telah memasuki masa panen diantaranya kangkung, sawi dan selada hidroponik. Adapun beberapa tanaman  yang ditanam di pekarangan SMA N 4 Palangka Raya yaitu tomat, terong, seledri, kangkung, sawi, selada, bayam, cabai, dan jenis tanaman obat keluarga (TOGA) seperti  kunyit,  serai, lengkuas dan jahe.

Pada kesempatan ini Kasie KSPP BPTP Kalteng menyampaikan bahwa BPTP  Kalteng mendukung penuh program Tani Mas dengan memberikan bimbingan dan pendampingan teknologi inovasi pertanian dan berharap kedepannya jika ada permasalahan, pihak sekolah tidak sungkan untuk berkomunikasi terkait permasalahan yang dihadapi. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pertanian di SMA N 4 Palangka Raya bukan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dan hanya diberikan pada program ekstrakurikuler, berbeda dengan SMK N 7 Palangka Raya yang memang merupakan SMK Pertanian sehingga kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang memang rutin dilaksanakan.

“2 sekolah ini telah melaksanakan semua kegiatan mulai dari pembuatan benih, pembuatan demplot serta penamanan tanaman di lahan pertanaman”, ujar Dra. Lilis Suriani, MM, MM.RS, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan.  Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa agripreneurship para siswa/i SMA N 4 Palangka Raya.

Yenihayati, S.Pd, M.Pd, Kepsek SMA N 4 Palangka Raya berterima kasih kepada BPTP Kalteng dan Dinas Tanaman Pangan atas kepercayaan dan dukungan pendampingan terhadap pelaksanaan program kegiatan Tani Mas ini. Ia berharap dalam kegiatan ini pihak sekolah akan bersinergi dengan baik dengan pihak pendamping dan terus berkelanjutan. (Cinta/Vidy)