JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TK Al-Firdaus Kunjungi Taman Agroinovasi BPTP Kalteng

PALANGKA RAYA - Dalam rangka pelaksanaan pembelajaran luar sekolah yang memasuki tema Rekreasi (pengenalan lingkungan), PAUD Terpadu Al-Firdaus Palangka Raya mengajak anak didiknya berkunjung ke Taman Agro Inovasi BPTP Kalimantan Tengah (23/01/2019). 

Sekitar kurang dari 50 orang, anak-anak murid Al-Firdaus datang bersama guru pendamping dan orang tua segera berbaris dan berjalan beriringan mengikuti arahan ibu gurunya menuju Taman Agroinovasi dan lahan Obor Pangan Lestari (OPAL). Pada kunjungan kali ini anak-anak dikenalkan tanaman dilahan dan di hidroponik didampingi oleh Penyuluh dan Peneliti BPTP Kalteng. Tanaman tersebut diantaranya sayuran seperti kangkung, bayam, terong, cabai, sawi, daun bawang, pakcoy hidroponik dan cabai. Tanaman yang diperlihatkan tersebut rata-rata masih berumur 2 mingguan karena telah dipanen pada akhir Desember 2019 lalu. Anak murid juga diajak berkeliling di sekitar kantor dan perumahan Dinas BPTP Kalteng untuk melihat-lihat tanaman buah-buahan seperti pepaya, kelapa, kakao, kopi, kelengkeng, pisang cavendis, jambu biji, jeruk sunkiss hijau, kedondong dan melon. Sayang nya para murid tidak sempat lagi menikmati rambutan dan kasturi yang telah melewati masa panennya di akhir tahun 2019.

Respon anak-anak murid Al-Firdaus saat berkeliling sangat senang karena bisa melihat tanaman di sekitarnya. Sebagian besar dari mereka telah mengetahui jenis/nama tanaman yang ada di lingkungan kantor dan perumahan dinas BPTP Kalteng. Banyak dari mereka juga dapat membedakan buah yang masak atau belum masak di pohon dan mengetahui manfaat dari buah tersebut.

Dengan dilaksanakannya kegiatan kunjungan ini, guru-guru pendamping Al-Firdaus  berharap dapat menambah wawasan serta kecintaan para siswa/i terhadap pertanian. Mulai dari mengetahui jenis tanaman dan manfaatnya diharapkan siswa/i  tersebut mendapatkan manfaat dari mengkonsumsinya sehari-hari. Mereka sangat senang dapat mengajak anak didiknya untuk berkeliling mengenal tanaman.(Vidy)