JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Bekali Siswa Magang Teknik Budidaya Padi

PALANGKA RAYA - BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah terus melaksanakan peningkatan kompetensi dan keterampilan siswa/i magang. Beberapa materi dan praktik pembelajaran telah diberikan kepada siswa/i dari SMK N 7 Palangka Raya dan SMKS Budi Mulya ini. Mereka mempelajari keterampilan teknis yang dapat diterapkan di lapangan sebagai bekal untuk melaksanakan usaha tani.

Dalam program peningkatan kompetensi siswa/i magang tersebut, peneliti Madya BPTP Kalteng, Dr. Susilawati berkesempatan memberikan materi Pengantar Budidaya Padi. Di pertemuan pertama siswa/i magang mempelajari Teknologi budidaya padi teknik budidaya padi. Selain menerima teori, para siswa juga melakukan praktek uji daya kecambah benih, memilih varietas dan melakukan persemaian, baik semai basah maupun semai kering.

Hasil praktek uji daya perkecambahan benih tersebut dilaporkan dan disampaikan siswa dalam diskusi kelompok Senin, 17 Februari 2020.

Praktek lain yang dilakukan siswa/i magang adalah pengolahan lahan, dan melakukan persemaian, serta perhitungan kebutuhan pupuk yang akan digunakan.

Dengan pembelajaran materi dan praktik teknik budidaya padi ini diharapkan siswa/i magang mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan setelah tamat dari sekolah nanti mereka akan benar-benar memiliki keahlian profesional sebagai bekal peningkatan taraf hidup serta pengembangan diri secara berkelanjutan.(Vidy)