JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Sampaikan Inovasi Peternakan dan Pestisida pada Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh

Bertempat di Aula Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Korawaringin Barat, BPTP Kalteng ikut berperan serta pada kegiatan Bimtek ini sebagai Narasumber, Sabtu (27/2/2021).

KOTAWARINGIN BARAT - Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas bagi Petani dan Penyuluh Pertanian diselenggarakan oleh SMK-PP Negeri Banjarbaru yang bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI. Kegiatan ini dilaksanakan secara maraton pada hari Kamis (25/02/201) di BPP Pelangsian Kabupaten Kotawaringin Timur dan hari Sabtu (27/02/2021) di Aula Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Korawaringin Barat.

Tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani dalam berusahatani sehingga kesejahteraannya dapat meningkat serta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh pertanian dalam transfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara profesional, mandiri, mampu bersaing dan berwawasan global.

BPTP Kalteng ikut berperan serta pada kegiatan Bimtek ini sebagai Narasumber. Materi yang disampaikan terkait integrasi sapi sawit untuk peningkatan pendapatan petani yang disampaikan oleh Umming Sente, S.Pt dan Teknik aplikasi penggunaan pestisida kimia yang disampaikan oleh Astri Anto, SP, M.Sc. Narasumber lainnya pada Bimtek ini adalah Isti Damayanti, SPt, M.Si dari BPTU Pelaihari yang menyampikan materi terkait ternak unggul. Selain itu perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kotim dan Kobar juga menyampaikan materi terkait budidaya ternak ruminansia dan kelembagaan kelompok tani.

Peserta Bimtek ini adalah para petani milenial di wilayah Kabupaten Kotim dan Kobar, Penyuluh Pertanian, serta Kelompok Tani dan Gapoktan.

Hadir pada saat bimtek anggota DPR RI Komisi IV dari Provinsi Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, SST, MH yang memberikan sambutan dan arahan terkait dengan kebijakan pemerintah untuk memajukan pertanian di Indonesia serta kemajuan para petani dan penyuluh di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah secara khusus.

Para petani dan penyuluh sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan bimtek. Selain mereka mendapatkan ilmu dan inovasi baru yang disampaikan oleh para narasumber, mereka juga mengungkapkan uneg-uneg mereka terkait harapan dan keinginan mereka kepada anggota Dewan untuk mendapatkan solusi dan langkah konkrit demi kemajuan pertanian di Kalimantan Tengah.