JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Ikut Siapkan Kunker Mentan Ke Food Estate Kapuas

BPTP Kalteng Ikut Siapkan Kunker Mentan Ke Food Estate Kapuas
KAPUAS - (28/7/202). Kepala BPTP Kalteng (Dedy Irwandi) dan penyuluh BPTP (Krisyetno) bersama kabid perluasan lahan Ditjen PSP Kementan (Foyya Yusufu Aquino) serta Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalteng (Riza Rahmadi) lakukan kunjungan bersama untuk menyiapkan tempat-tempat rencana kunjungan kerja (Kunker) bapak Menteri Pertanian RI ke lokasi pengembangan pangan skala luas (Food Estate) Dadahup di Kabupaten Kapuas. Didampingi oleh Koordinator BPP Kapuas Murung (Purwanto) dan Koord. BPP Dadahup (Arpani)
 
Lokasi yang direncanakan tempat kunker Pak Menteri Pertanian RI adalah akan melakukan gerakan tanam padi unggul varietas inpara 2. Padi inpara 2 saat ini merupakan varietas unggul baru (VUB) yang menjadi primadona varietas padi lahan rawa, karene memiliki keunggulan tahan rendaman, tahan blast. Varietas ini adaptif terhadap kekeringan di lahan masam, toleran keracunan FE dan Al, tahan terhadap Wereng Batang Coklat (WBC) produktivitasnya tinggi dapat mencapai 8 ton/ha.
 
Ada dua lokasi yang masih dipersiapkan rencana tempat kunjungan pak Mentan yaitu di Kec. Kapuas Murung dan Kec. Dadahup. Lahan yang ada di Kapuas Murung yaitu di Desa Palingkau Lama merupakan lahan ekstensitifikasi seluas 218 Ha dan rencana lokasi tanam seluas 4 Ha sedangkan lokasi ke dua yaitu di Desa Petak Batuah (Dadahup A2) seluas 4 Ha yang merupakan lahan intensifikasi/sudah eksis sebagai lahan sawah.
 
Sedangkan rencana percepatan tanam akan melakukan tanam seluas 412 ha di dua desa blok Dadadup A5 dan Dadahup A1 pada bulan Agustus 2022. (irwn)