JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Praktek Pembuatan Arang Sekam oleh SMKN 7 Palangka Raya

Praktek Pembuatan Arang Sekam oleh SMKN 7 Palangka Raya
PALANGKA RAYA – Limbah penggilingan gabah (sekam) dapat dimanfaatkan sebagai media tanam dengan proses pengolahan menjadi arang sekam yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna.
 
BPTP Kalteng memanfaatkan arang sekam untuk penggemburan tanah dan seringkali diolah menjadi pupuk kompos. Selain itu, arang sekam juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah secara kimia, fisik, dan biologinya. Arang sekam mampu memperbaiki porositas tanah menjadi pembunuh bibit penyakit dan membuat tanah semakin subur.
 
Hari ini, Selasa (09/08/2022), siswa (i) SMKN 7 Palangka Raya berkesempatan belajar cara pengolahan arang sekam didampingi oleh Karjo yang berlokasi di halaman belakang Kantor BPTP Kalteng.
 
Praktek kali ini siswa (i) dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing mendapatkan dua karung sekam yang akan diolah menjadi arang sekam. Sebelum melakukan pembakaran sekam, siswa (i) terlebih dahulu diajarkan untuk membuat cerobong asap yang berfungsi untuk mempermudah proses pembakaran sekam.
 
Pembimbing lapangan berharap praktek pembuatan arang sekam ini berhasil sehingga siswa (i) dapat mengadopsi ilmu yang sudah di bagikan oleh pembimbing. (je/ri)