JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh/Petugas Lapang dan Petani Penangkar Benih di Barito Timur

BPTP Kalteng Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh/Petugas Lapang dan Petani Penangkar Benih di Barito Timur
BARITO TIMUR - Dalam rangka meningkatkan kapasitas penyuluh, petugas lapang (POPT dan PBT) serta petani penangkar benih padi di kawasan/desa mandiri benih, BPTP Kalteng gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Kelurahan Ampah kecamatan Dusun Tengah kabupaten Barito Timur, Selasa (20/09/2022).
 
Bimtek diikuti sebanyak 100 orang peserta turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Barito Timur yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan (Elyakim) Kepala BPTP Kalimantan Tengah (Dedy Irwandi), Kepala BPSB TPH Provinsi Kalteng (H. Baini), Kepala BPP Dusun Tengah, penyuluh, POPT dan PBT serta Petani Penangkar Benih se- Kecamatan Dusun Tengah.
 
Kepala Dinas Kab. Bartim yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan (Elyakim) menyampaikan bahwa pihak dinas menyambut baik kegiatan ini karena Kabupaten Barito Timur merupakan salah satu daerah penangkaran padi yang ada di Kalteng dan cukup eksis sampai saat ini menjadi penyumbang produksi beras di Kalimantan Temgah, oleh karena itu kita perlu mendampingi dan membina petani penangkar benih agar penangkaran ini terus berkembang dan mampu bersaing kedepannya, terlebih nantinya daerah kita akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang mana ini menjadi tugas kita semua untuk saling bersinergi demi kesejahteraan bersama.
 
Selanjutnya Kepala BPTP Kalteng (Dedy Irwandi) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengakselerasi kegiatan mendukung program-program strategis Kementerian Pertanian guna menjaga ketahanan pangan. Semenjak Covid-19 kurang lebih 3 thn kita sadari bahwa memang belum ada kegiatan yang bisa mendukung program pendampingan perbenihan padi di kab. Barito Timur ini dan pada kesempatan tahun ini melalui kegiatan UPBS, BPTP kembali melakukan pendampingan perbenihan di salah satu sentra penghasil benih padi di Kaimantan Tengah.
 
Kabupaten Barito Timur ini merupakan salah satu sentral produksi padi, sehingga tepatlah kita memilih peletakan kegiatan ini disini sebagai upaya pembinaan petani penangkar karena jejak rekam penangkar benih padi disini memang sudah lama bermitra kurang lebih 10 tahun. Sampai tahun ini kami BPTP Kalteng tetap bermitra dengan kelompok penangkar padi Mugi Tuwuk dengan luasan sekitar 5 Ha varietas Inpari Nutrizink dan Inpari 32 yang mudah mudahan sudah memasuki masa generatif nanti di awal Oktober sudah bisa dilakukan panen.
 
Kepala BPTP Kalimantan Tengah membuka kegiatan bimtek secara resmi dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi, adapun materi yang disampaikan yaitu Kebijakan dan Strategi Perbenihan Padi di Kabupaten Barito Timur oleh Kabid Tanaman Pangan (Elyakim), Prosedur Sertifikasi Benih Padi oleh Kepala BPSBTPH prov. Kalteng (H. Baini) dan Teknologi Perbenihan Padi oleh Penyuluh Pertanian BPTP Kalteng (Andriansyah).
 
Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan monitoring penanaman padi untuk menghasilkan sumber benih kegiatan UPBS BPTP Kateng pada lahan usahatani poktan penangkar benih padi Mugi Tuwuk seluas 5 ha, bersama Kepala BPSBTPH Prov Kalteng dan Dinas Pertanian lab Barito Timur. (jen)