JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Koordinasi Perencanaan Standar, BPTP Kunjungi Kabupaten di Kalteng Menerapkan Pengujian Standar Mutu Pertanian

Koordinasi Perencanaan Standar, BPTP Kunjungi  Kabupaten di Kalteng Menerapkan Pengujian Standar Mutu  Pertanian
PALANGKA RAYA - Sebagai tindak lanjut dari terbitnya PERPRES 117 tahun 2022 mengenai Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP). BPTP sebagai unit kerja teknis (UPT) BSIP di daerah, melakukan kunjungan untuk koordinasi ke beberapa mitra kerja (stakeholders) di wilayah barat Kalteng, yaitu Kab. Kotawaringin Timur dan Kab. Kotawaringin Barat serta Kab. Lamandau kali ini masih dalam rangka melakukan sosialisasi perihal tugas dan fungsi (Tusi) BPTP yang akan segera bertansformasi menunggu Permentan dan SOTK menjadi Balai yang melaksanakan Penerapan Standar Instrumen Pertanian spesifik lokasi pada Jumat (18/11/2022).
 
Tugas dan fungsi BPTP Kalteng nantinya mengarah pada penerapan standar dan penilaian kesesuaian (SPK) atas komoditas pertanian serta mengawal, membina penerapan standar dan mutu produk hasil pertanian sehingga perlu dilakukan mapping (identifikasi) pada beberapa daerah yang sudah menerapkan standar terhadap produk unggulan daerah.
 
BPTP Kalteng mengawali kunjungan ke PT.Borneo Aquatic di Kotawaringin Timur yang merupakan salah satu UKM bergerak di bidang tanaman hias aquatic yang saat ini sudah merambah ke pasar global (internasional) sehingga tentunya ada kriteria-kriteria khusus yang menjadi standar yang diterapkan baik dari jenis tanaman hias yang dipasarkan, sarana dan prasarana digunakan dalam proses budidaya sampai dengan ekspor.
 
Selain UMKM BPTP Kalteng juga mengunjungi Dinas Pertanian Kotawaringin Barat diterima oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kotim (Permata Fitri) yang menjelaskan bahwa terkait adanya badan baru dan peralihan tugas fungsi BPTP Kalteng menjadi balai penerapan standar ini ada beberapa komoditas dari perkebunan dan pakan ternak yang bisa direncanakan untuk dikerjasamakan untuk penerapan standar nantinya.
 
Melanjutkan perjalanan ke wilayah barat mengunjungi Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat, kedatangan BPTP Kalteng disambut hangat oleh ibu Kepala Dinas Pertanian (Kris Budi Harti) dan beliau mendukung penuh dengan tugas fungsi BPTP yang baru, terkait produk unggulan daerah untuk penerapan pengujian standar pertanian dari Kabupaten Kotawaringin Barat yaitu tanaman hortikultura.
 
Begitu juga dengan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lamandau. Disambut oleh Kepala Dinas (Tryan Kuderon) beliau menjelaskan bahwa saat ini kopi robusta menjadi komoditi unggulan daerah dan kepala dinas berharap nantinya kopi yang dikembangkan di Kabupaten Lamandau tersebut bisa menjadi salah satu komoditi yang dapat distandarkan terkait proses budidaya hingga menjadi produk turunannya. (jen)