JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ibu PKK Kalteng Panen Cabai dan Sayuran

PALANGKA RAYA - Melalui kerjasama program pemanfaatan pekarangan, BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah didampingi  Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kalimantan Tengah melakukan panen cabai dan sayuran di kebun percontohan tanaman hortikultura  halaman Rumah Betang Temanggung Tilung Rabu (14/Juni/2017).

Tampak  ibu-ibu PKK melakukan panen sayuran organik di kebun percontohan tersebut, walaupun panen dilakukan siang hari di cuaca yang terik,  tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan mereka karena berhasil panen di kebun sendiri.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja (Raker) TP PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa Palangka Raya Ketua PKK, Agustiah Ningsih menyampaikan keinginannya kepada kepala BPTP, F.F Munir untuk membangun dan mensosialisasikan kebun percontohan di tengah kota Palangka Raya.

“Sebelum sosialisasi ke orang lain kita harus punya contoh kebun dulu”, ujar Agustiah kepada anggotanya saat Raker tersebut.

Dilanjutkan komunikasi dengan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan sebagai penanggung jawab kebun, lahan percontohan tersebut berhasil disetujui.

BPTP Balitbangtan Kalteng yang selama ini merupakan mitra kerja PKK bersedia menjadi narasumber, mengawal dan melakukan pendampingan teknologi pertanian dalam mengembangkan kebun percontohan tersebut. Pendampingan yang telah diberikan yaitu teknologi persiapan lahan diantaranya pemupukan, pemasangan mulsa dan pengaturan jarak tanam mengingat pentingnya dalam mengoptimalkan kuantitas serta kualitas tanam.

Arahan yang diberikan meliputi tata cara pemupukan yang baik untuk menyeimbangkan unsur hara sebagai nutrisi tanaman. Kemudian pemasangan mulsa untuk menjaga kelembaban tanah dan menghindarkan tanaman dari serangan hama bawah daun misalnya aphids, tungau, thrips, ulat serta jamur.

Terakhir yang tidak kalah penting yaitu mengatur jarak tanam, misalnya pada tanaman cabai, jarak tanam idealnya ± 40-50 cm agar nutrisi  di dalam tanah dapat dialokasikan  secara seimbang dari satu tanaman ke tanaman lainnya.

TP PKK berhasil menerapkan teknologi yang disampaikan BPTP Balitbangtan Kalteng dengan hasil panen yang memuaskan, seperti timun, tomat, kacang panjang, gambas, terong,  labu putih, labu kabocha, bawang daun, kangkung, bayam, dan  cabai yang saat ini masih menjadi primadona karena harga pasarnya yang sempat melonjak belakangan ini.  (iruk/sintha/vidya