JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gertam Cabai Tuai Hasil Perdana di Bumi Katingan

KATINGAN – Kabupaten yang mempunyai semboyan "Penyang Hinje Simpei" (bahasa Ngaju) yang artinya adalah Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama, saat ini tengah menuai hasil berupa panen komoditas cabai dari kegiatan gerakan tanam (gertam) cabai, Kamis (03/08/2017). Kebun Muslimat NU Kabupaten Katingan yang terletak di Desa Luwuk Kanan, Kecamatan Tasik Payawan, menjadi tempat dilaksanakannya acara tersebut.

Proses budidayanya di lahan sub-optimal tidak lepas dari terobosan inovasi teknologi. Terapan teknologi spesifik lokasi di lahan berpasir ternyata mampu memberikan hasil yang cukup optimal secara signifikan. Teknologi perbaikan struktur tanah pada lahan berpasir yang berasal dari great group Quartzip samment, dilakukan dengan memberikan perlakuan input bahan organik berupa pupuk kandang (kotoran ayam) setara 4 ton/ha, diaplikasikan di setiap lubang tanam dengan cara dikocor seminggu sekali. Perlakuan ini merupakan terapan teknologi yang telah disisipkan pada kegiatan gertam cabai di daerah setempat. Melalui teknologi optimalisasi penggunaan bahan organik, ternyata pertumbuhan tanaman cabai cukup optimal.

Endang Susilawati, selaku Pengurus Muslimat NU Kabupaten Katingan, menyatakan bahwa komoditas cabai pada kegiatan gertam cabai sengaja ditanam di lahan sub-optimal sebagai percontohan bagi ibu-ibu anggota lainnya. Hal ini menunjukkan pada kondisi lahan sub-optimal pasir kuarsa ternyata mampu dibudidayakan tanaman cabai dan sayuran lainnya dengan hasil yang cukup bagus.

Endang sangat berharap dukungan dan pendampingan BPTP-Balitbangtan Kalteng secara kontinyu dalam aktivitas budidaya tanaman yang dilakukan oleh ibu-ibu pada berbagai komoditas. Kepala BPTP Balitbangtan Kalteng, F. F. Munir, sangat apresiasif terhadap Ketua Muslimat NU Provinsi maupun Kabupaten, yang begitu bersemangat dan antusias menggerakkan serta mensosialisasikan program gertam cabai kepada masyarakat di Kalimantan Tengah.

Saat dilangsungkannya acara panen cabai, selain dihadiri anggota Muslimat NU lingkup Provinsi dan Kabupaten, turut diundang pengurus IPEMI Provinsi Kalteng, PKK Kabupaten Katingan, serta Kepala BPTP-Balitbangtan Kalteng beserta penyuluh dan penelitinya. (Iruk/Sintha/Sand)