JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Menjadi Pengalaman Berharga Pustakawan BPTP Kalteng

PALANGKA RAYA - Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional di hotel Lumire Jakarta dari tanggal 13 - 19 Agustus 2017. Dalam ajang  tersebut 29 Provinsi menghadirkan perwakilannya untuk berpartisipasi. Hasiyen Minarni, Perwakilan dari Kalimantan Tengah yang merupakan  Pustakawan BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah menjadi salah satu peserta.

Di tahun 2017 ini Pustakawan dari Kementerian Pertanian yang ikut serta dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yaitu BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah, BPTP Balitbangtan Jambi dan SMK – PP Negeri Kupang NTT. Sementara peserta lainnya berasal dari Perpustakaan Perguruan Tinggi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Perpustakaan Khusus serta Perpustakaan Sekolah.

Lomba Tingkat Nasional ini memiliki beberapa tahap seleksi, mulai seleksi berkas , tes pengetahuan kognitif , tes wawancara dan persiapan presentasi makalah masing-masing peserta dengan tema studi kasus di perpustakaan masing-masing, terkait dengan pengembangan koleksi, organisasi informasi, layanan dan kepustakawanan, peliputan potret, masalah dan solusi.

Usai lomba, peserta berkunjung ke Gedung MPR/DPR RI untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 72 Tahun 2017. Dilanjutkan dengan berkunjung ke Perpustakaan MPR RI dan mengikuti peringatan Detik- Detik Proklamasi. Dalam kesempata  tersebut, Pemenang Pustakawan Berprestasi Terbaik Peringkat I, II, III dan Pustakawan Berprestasi Terbaik Harapan I, II, III diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan Presiden Republik Indonesia di Istana Bogor.

Walaupun Pustakawan BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah belum berhasil meraih juara di Tingkat Nasional, namun keikutsertaan dalam ajang lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik menjadi pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat.

“Secara pribadi, saya merasa cukup beruntung karena mengalami banyak pengalaman yang menyenangkan”, ujar Hasiyen

Begitu pula dengan pustakawan lainnya, acara tersebut menjadi momen untuk mengembangkan profesionalisme, meningkatkan motivasi, inovasi, terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan, serta mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan. (Mimin/Vidya)