JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PASUKAN ‘ORONG-ORONG” LAHAN GAMBUT

Desa Jabiren - (3 April 2018 ) Pasukan "orong-orong" lahan gambut itulah nama yang disematkan bagi kelompok pengkaji sumberdaya lahan BPTP Kalteng dalam mengawal kegiatan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF). ICCTF merupakan bentuk kerja sama pemerintah Indonesia dengan negara-negara donor (Inggris, Australia, Norwegia, dan Belanda) yang mengkoordinasikan dana hibah kegiatan Adaptasi dan Pengurangan Dampak Negatif Terhadap Perubahan Iklim di Tanah Air.

 Berlokasi di desa Jabiren, kec. Jabiren Raya, Kab. Pulang Pisau, kegiatan ICCTF Kalimantan Tengah melaksanakan demplot seluas 5 ha tanaman karet di lahan gambut. Saat ini tim sedang melakukan aplikasi pemupukan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan tanaman. Demplot selain bertujuan meningkatkan produktivitas tanaman yang terpenting adalah untuk mengawal penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), mengindentifikasi karakteristik tanah gambut, hingga komponen teknologi yang dapat diterapkan di lokasi demplot, seperti pemanfaatan tanaman cabai dan nenas di sela tanaman karet.

Menurut penangung jawab ICCTF BPTP Kalimantan Tengah (Dr. Anang Firmansyah) "Lahan gambut berperan penting dalam mengurangi laju perubahan iklim, karena gambut menyimpan sepertiga cadangan karbon dunia". Konversi lahan gambut menjadi areal pertanian dapat menurunkan kualitas dan produktivitas gambut, serta dapat meningkatkan pelepasan GRK ke atmosfer.
Keberhasilan kegiatan rehabilitasi kawasan lahan gambut (potensial ataupun yang telah terdegrerdasi) akan tercapai jika didukung oleh peran serta masyarakat, melalui pendampingan dan pengawalan inovasi teknologi diharapkan akan menumbuhkan partisipasi masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan kunci utama rehabilitasi lahan gambut, melalui demplot pemanfaatan tanaman nanas di sela karet, diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan aktivitas petani untuk senantiasa memelihara tanaman karetnya, sehingga selain meningkatkan gizi masyarakat dan pendapatan keluarga, maka secara tidak langsung petani akan menjaga dan merawat kebun karetnya dari bahaya kebakaran lahan dan kebun. (Dedy Irwandi)

 

 

Artikel Terkait