JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hilirisasi Teknologi Melalui Kerja Sama Pemanfaatan Hasil Riset

PALANGKA RAYA - (6 April 2018) Jejaring adalah hal penting yang terus dibangun oleh BPTP Kalimantan Tengah dalam upaya untuk memperluas pemanfaatan hasil riset dan pengkajian teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi, tidak hanya dengan pihak Pemda, kelompoktani/Gapoktan, dan instansi pemerintah, tetapi juga dengan pihak swasta. Salah satu inovasi teknologi BPTP yang diapresiasi oleh pihak Swasta adalah Model Pertanian Bioindustri Berbasis Kelapa Sawit, yang mengintegrasikan antara tanaman dan ternak dengan sistem Zero Waste.

Hari ini kami kedatangan tamu dari PT. Multi Inti Global Mandiri, suatu Perusahaan Swasta yang bergerak dalam bidang usaha perkebunan kelapa sawit di kabupaten Kotawaringin Timur. Pihak perusahaan yang diwakili oleh Manager Operasional (Herison Lewi) menyatakan pihaknya bermaksud melakukan Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit menjadi Pakan Ternak, untuk usaha pembibitan dan pengemukan sapi serta pengolahan limbah ternak secara terintegrasi dan mengharapkan BPTP dapat melakukan pendampingan teknologi dan replikasi Model Bioindustri Kelapa Sawit yang didasarkan atas prnsip kerja sama dalam pemanfaatan hasil riset.
Kepala BPTP Kalteng (Dr.F.F.Munier) menyambut baik rencana kerjasama ini dan mengatakan bahwa “Badan Litbang Pertanian sebagai lembaga penghasil inovasi teknologi dan kelembagaan memang dituntut untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui jejaring kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) termasuk dengan pihak swasta. (Dedy Irwandi)