JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Edukasi Petani Lakukan Pembukaaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB)

LAMANDAU - Kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah menjadi permasalahan rutin terjadi pada setiap musim kemarau terutama dalam rangka penyiapan lahan untuk perladangan, pertanian menetap, dan sebagainya.

Untuk meminimalisir dampak resiko kebakaran lahan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Lamandau bekerja sama dengan BPTP Kalteng menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB). Kegiatan di selengarakan dari tgl 3 Oktober dan berakhir tgl 18 Oktober 2018.
Peserta merupakan petani/peladang perwakilan dari 26 desa yang dibagi dalam beberapa kelompok da sesi pelaksanaan.

Peneliti dan penyuluh BPTP Kalteng yang menjadi nasumber menyampaikan mengenai Teknik Pembukaan Lahan Tanpa Bakar untuk Budidaya Padi Gogo (Dr. Anang Fimansyah).dan Teknik Penggunaan Alat Mekanisasi pada Pembukaan Lahan Tanpa Bakar untuk Budidaya Padi Gogo (Sandys W.Prasetya, SP). Kegiatan PLTB dipadukan dengan praktek pemanfaatan sisa tanaman atau serasah untuk dibuat kompos.

Semoga Bimtek PLTB ini dapat memberikan solusi bagaimana cara bertani yang baik, pertanian berkalanjutan dan ramah lingkungan. (Dedy Irwandi)