JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Semangat Gerakan Tanam Padi, Barito Timur Siap Pasok Kebutuhan Pangan Kalteng

BARITO TIMUR - Menggiatkan percepatan LTT menuju Lumbung Pangan 2045, Desa Natampin, Kec. Dusun Hilir, Kab. Barito Timur melaksanakan Gerakan Tanam Padi (05/09/2019).

Varietas yang ditanam pada acara ini adalah Inpari 43 dengan sistem tanam Jajar Legowo 2:1 pada luasan lahan seluas 50 Ha.

Gerakan Tanam padi dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur, Inspektur Jenderal Kementan, Inspektur I, Kadis TPHP Prov Kalteng, Kadis Pertanian Kab Barito Timur beserta jajarannya sebagai pelaksana, Ka. BPTP Balitbangtan Kalteng, Perwira Penghubung, Penyuluh, Ketua Poktan dan anggota.

Bupati Barito Timur, Bapak Ampera AY. Mebas, SE menyampaikan, diperiode ke-2 nya sebagai Bupati ini Beliau akan konsen untuk mengembangkan dan memajukan Pertanian pada komoditas padi, jagung dan ternak ayam.

Irjen Kementan, Bapak Justan R. Siahaan AK. MACC, CA berharap agar Kab. Barito Timur kedepan bisa berperan sebagai penyedia pangan untuk Prov. Kalteng juga dapat memenuhi kebutuhan pangan calon Ibukota Negara.

Kadis TPHP Prov Kalteng, Ibu Ir. Hj. Sunarti, S.P., MM. siap mendukung dengan program bantuan Alsintan. Disampaikan juga oleh Kadis Pertanian Kab Barito Timur, Bapak Ir. Riza Rahmadi, MM amat berterima kasih atas dukungan BPTP Balitbangtan Kalteng yang telah membina penangkar benih di Desa Natampin ini melalui kegiatan UPBS, juga bantuan pendaftaran dan rencana pelepasan padi unggul lokal Siam Busu serta pengembangan Ayam Unggul Lokal Balitbangtan.

Ka. BPTP Balitbangtan Kalteng, Bapak DR. Ir. Fery F. Munier, M.Sc. optimis bahwa kedepan Kab. Barito Timur mampu menjadi lumbung pangan Kalteng dan provinsi tetangga. Sebelumnya BPTP Balitbangtan Kalteng telah banyak mengembangkan teknologi budidaya padi dengan menggunakan Padi unggul Balitbangtan Kementan (Inpari, Inpago dan Inpara) yang sudah berkembang didaerah ini melalui kegiatan UPBS serta penggunaan Alsintan Jarwo Transplater. (Adm