JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pacu Realisasi Target UPSUS PJK Kalteng, Pemprov Kalteng Laksanakan Rakor

PALANGKA RAYA - Bertempat di hotel Aquarius Palangka Raya, Inspektorat Jenderal Kementan sebagai Penanggung Jawab (PJ) UPSUS Pusat, Dinas TPHP Prov. Kalimantan Tengah, Korem 102 Panju Panjung dan BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah berkoordinasi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) UPSUS Pajale Kalimantan Tengah Tahun 2019 (04/09/2019).

Pada kesempatan ini Kadis TPHP Prov, Ir. Hj. Sunarti, MM dan Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm Saiful Rizal memberikan sambutannya, dilanjutkan dengan paparan dari PJ UPSUS Pusat, Justan R. Siahaan AK, MACC, CA mengenai strategi percepatan Luas Tambah Tanam (LTT).

Dalam paparannya menyatakan bahwa realisasi LTT untuk MT Asep Kalimantan Tengah saat ini sudah mencapai 73%. Salah satu kabupaten yang banyak menyumbangkan luas tambah tanamnya adalah Kabupaten Kapuas yakni 95,60 % dari kabupaten lainnya.

"Untuk memulai sesuatu kita harus siap melihat potensi. Dalam usaha percepatan LTT, pelaksana kegiatan tidak boleh beralasan tidak memiliki anggaran, anak buah, petani dan lainnya, bahkan TNI dapat ikut bertani di lapangan", ucap Pak Justan.

Beliau juga mengingatkan bahwa untuk meningkatkan LTT maka semua pihak harus ikut serta turun ke lapangan. Tidak adanya capaian LTT perlu digali masalah apa yang menjadi kendala di lapangan. Jika tidak ada LTT maka tidak ada produksi, akibatnya dapat menurunkan produksi dan akan berdampak pada meningkatnya jumlah impor.

Acara Rakor UPSUS Pajale dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kalteng, Dr. Ir. Fery F. Munir, M.Sc, Irjen I, Irjen III, Ka Barangtan Prov Kalteng Kelas II, Komandan kodim Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kepala BPTPH Prov. Kalteng dan beberapa Dinas Pertanian se-Kalteng.

BPTP Balitbangtan Kalteng sebagai perpanjangan dari Badan Litbang Pertanian memegang peranan penting dalam pendampingan inovasi teknologi. Dalam mendukung Swasembada Pangan, perlu ditingkatkannya percepatan UPSUS PJK. Dan di harapkan kerjasama yang baik antara pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (Vidy