JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Harapkan Peningkatan Potensi SERASI, BPTP Kalteng tinjau Pulang Pisau

PULANG PISAU - BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah melaksanakan monitoring analisi kebijakan salah satu program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (27/09/2019).

Tahun 2019 lalu, Kabupaten Pulang Pisau mendapat program SERASI seluas 9.500 ha, dimana seluas 5.000 ha ada di Kecamatan Kahayan Kuala. Salah satunya adalah wilayah Bahaur yang memiliki luasan lahan mendukung serasi seluas 3.000 ha. Wilayah ini merupakan wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang berbatasan dengan laut, sehingga lahan pertaniannya merupakan lahan pasang surut tipe A-B.

Terdapat 121 kelompok tani, dimana sekitar 118 kelompok tani di wilayah tersebut ikut dalam program SERASI. Potensi pasang surut tipe A-B tersebut membuat kebanyakan petani bertanam padi menggunakan varietas lokal yang berumur dalam. Pertanaman padi biasanya dilakukan pada bulan Pebruari - Mei. Dengan hanya satu kali tanam tiap tahunnya.
Menurut Kadis Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto, dengan ditempatkanya Program SERASI di Pulang Pisau, diharapkan wilayah dengan dengan pertanaman yang masih dilakukan satu kali dalam satu tahun dapat ditingkatkan, dengan memperbaiki saluran irigasi dan penerapan pola tanam yang benar.

Ronny Yuniar, penjab kegiatan analisis kebijakan Kegiatan SERASI BPTP Kalteng menyatakan bahwa pola tanam yang bisa diterapkan adalah IP 200 dengan pola padi lokal + padi unggul atau IP 300 dengan pola padi lokal + padi unggul + padi unggul dan memperhatikan tata air, terutama saat pasang dan saat kemarau. (Twenty