JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kalteng Terima Mahasiswa Magang dari UPR

PALANGKA RAYA - BPTP Kalimantan Tengah kedatangan sembilan orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (UPR) pada selasa 01/10/2019.

Sembilan mahasiswa   ini bermaksud mengajukan aktivitas magang di BPTP Balitbangtan Kalimantan Tengah. Kegiatan magang sendiri merupakan salah satu dari layanan publik BPTP Kalimantan Tengah yang termasuk dalam kategori 'Pelayanan Magang/Pelatihan/PKL Siswa atau Mahasiswa'. Adanya kunjungan mahasiswa ini disambut baik oleh Kasie KSPP, Dr. Dedy Irwandi, S.Pi, M.Si yang juga kepala Kerjasama BPTP Kalteng. Beliau  membuka forum rapat antara calon mahasiswa magang bersama peneliti dan penyuluh pada kesempatan tersebut untuk berkoordinasi langsung mengenai materi magang.

Rapat tersebut dibuka oleh Kasie KSPP dengan memperkenalkan komoditas yang dibudidayakan di BPTP Kalteng. Komoditas tersebut  yaitu jagung, tomat, cabai, padi, melon dan kakao yang tersebar di lahan visitor plot & OPAL, lab diseminasi dan Kebun Percobaan Tatas yang lokasinya berada di Kabupaten Kapuas.

Dalam rapat tersebut mahasiswa UPR yang terdiri dari 5 orang prodi Ilmu Tanah dan 4 orang prodi Agronomi ini diarahkan untuk membuat rencana Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang akan mereka jalani selama masa magang yang cukup singkat yaitu selama 1 bulan. Masa magang yang singkat tersebut harus disiasati serinci mungkin karena tidak memungkinkan untuk mengikuti budidaya tanaman dari pengolahan hingga panen.

Para mahasiswa ini juga dipersilahkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dosen pembimbing masing-masing. Pada kunjungan selanjutnya Kasie KSPP mengharapkan kedatangan perwakilan dosen yang mendampingi para mahasiswa ini.

Di akhir pertemuan beberapa mahasiswa dari prodi Ilmu Tanah sudah dapat merancang rencana KAK mereka. Dua orang dari bidang neraca air berencana melakukan identifikasi dan karakterisasi  sampel tanah/komoditas yang ada di BPTP Kalteng, sehingga dalam masa magang yang singkat mereka bisa mendapatkan cukup data untuk memenuhi syarat penyelesaian laporan magang. (Vidy