JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah Kunjungi Lokasi M-KRPL Habaring Hurung

Keberadaan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kalimantan Tengah semakin direspon baik oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat Kalimantan Tengah, hal ini terlihat dari semakin besarnya apresiasi dan dukungan dari Pemerintah setempat dalam mendukung dan menjadikan KRPL sebagai rujukan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan diversifikasi pangan melalui pemanfaatan pekarangan.

Pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga juga menjadi salah satu program prioritas dari POKJA III Tim penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anggota dalam pemanfaatan pekarangan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat kemarin (27 April) tim penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pemenuhan Kebutuhan Keluarga. Dalam acara ini narasumber dari BPTP Kalimantan Tengah menyampaikan konsep Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) sebagai upaya untuk mewujudkan Penganekaragaman atau diversifikasi pangan, dukungan dan pemenuhan pangan rumah tangga dalam pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan aman serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dibangun dari kumpulan rumah tangga yang mampu memanfaatkan pekarangan secara intensif dengan beraneka ragam komoditas sehingga terwujud kemandirian pangan, dapat melakukan upaya diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, tercapainya pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta tercapainya upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat mendapat apresiasi yang tinggi dari peserta sehingga diharapkan konsep ini segera diimplementasikan di lokasi masing-masing sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah.

Dalam study banding yang dilaksanakan ke lokasi M-KRPL di Kelurahan Habaring Hurung Kota Palangka Raya ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Ny. Moenartining Teras Narang, SH) memberikan apresiasi dan dukungan yang tinggi terhadap pelaksanaan M-KRPL, beliau berharap M-KRPL segera dijadikan rujukan dan pedoman dalam pemanfaatan pekarangan di Kalimantan Tengah, sehingga diharapkan ke depan masing-masing Kabupaten/Kota bisa mengimplementasikan konsep KRPL di lingkungan masing-masing.

Upaya menuju pelestarian yang diinisiasi melalui Kebun Bibit Desa (KBD) dan Kebun Bibit Induk (KBI), Pengelolaan Pascapanen, pasar dan pemasaran, sinergi program dan penjalinan kerjasama serta pembinaan sumberdaya manusia dan kelembagaan yang diinisiasi dalam M-KRPL perlu mendapat perhatian dan kerjasama semua pihak sehingga KRPL tidak hanya sekedar pemanfaatan pekarangan. Dalam upaya pengelolaan pasca panen dan pemasaran Tim penggerak PKK Provinsi siap untuk bekerjasama dan mendukung kesuksesan program KRPL di Kalimantan Tengah.