JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KP Unit Tatas


 

KP Unit Tatas Kapuas

 

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Terngah merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dengan tugas dan fungsi mempercepat pembangunan pertanian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam realitanya, BPTP ini harus mampu mengintegrasikan dan mensinergiskan Program Strategis Kementerian Pertanian dengan kondisi agroekosistem pertanian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, melakukan pengkajian dan diseminasi hasil pengkajian pertanian yang spesifik lokasi serta diharapkan pula mampu mendukung penyediaan benih/bibit tanaman unggul spesifik lokasi.

Terkait dengan tugas dan fungsi tersebut terutama untuk mendukung penyediaan benih/bibit tanaman unggul, sejak tahun 2006 BPTP Kalimantan Tengah dipercayai untuk  mengelola 1 unit Kebun Percobaan (KP) yang terletak di Jalan Sungai Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas. Kebun tersebut terhampar dalam luasan 25 hektar dengan agroekosistem lahan pasang surut tipe luapan B/C dan zone curah hujan B/A. Dengan pengelolaan yang intensif, kebun sangat berpotensi dalam menyediakan benih/bibit tanaman unggul yang sangat diperlukan bagi pembangunan pertanian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Kondisi existing kebun saat ini masih belum bisa berproduksi optimal karena minimnya kegiatan yang bisa dilakukan terkait dengan terbatasnya dana untuk pengelolaan. Sebagian besar (sekitar 5,0 hektar) masih ditutupi vegatasi hutan galam dan tanaman berkayu campuran lainnya, sekitar 20,0 hektar yang sudah dikelola untuk memproduksi benih padi dan kedelai dalam mendukung pelaksanaan Program SL-PTT padi dan kedelai di Provinsi Kalimantan Tengah. Pengaturan tata air, terutama tata air mikro juga belum berjalan dengan baik karena tekstur tanah porus dan  instalasi tata air mikro belum dibuat secara permanen sehingga tanaman masih beresiko gagal panen tinggi karena kebanjiran ataupun kekeringan.

SDM peneliti, penyuluh dan teknisi BPTP Kalimantan Tengah saat ini sudah menguasai inovasi teknologi budidaya karet, sehingga dari aspek tenaga untuk pengelolaan kebun karet sudah tersedia. Dilihat ketersediaan tenaga kerja harian lepas untuk penyelesaian pekerjaan teknis budidaya tanaman karet, karena  KP Unit Tatas berada relatif dekat dengan pemukiman penduduk desa, maka tenaga harian lepas akan relatif mudah untuk didapat sesuai keperluan.

Revitalisasi yang dilakukan seara menyeluruh menyangkut aspek pembukaan lahan, tata air mikro, instalasi irigasi (pompanisasi), mekanisasi pertanian, sarana prosesing pasca panan (lantai jemur), penyimpanan hasil panen, sarana transportasi serta bengkel alat pertanian kebun percobaan Unit Tatas menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas kebun dalam mendukung penyediaan benih/bibit tanaman unggul.

 

Lokasi Kebun Percobaan Unit Tatas Kapuas