JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Perkebunan


Aspek Kelembagaan Pada Model Skim Kredit Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit Plasma Berkelanjutan Dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Saat ini, permasalahan yang terjadi pada perkebunan kelapa sawit plasma adalah sebagian besar umur tanaman sudah melewati umur ekonomis dan diperlukan peremajaan yang memerlukan modal kerja besar. Peran dan keterkaitan instansi pelaksana dalam skim kredit peremajaan kebun kelapa sawit plasma sangat menentukan efektivitas tingkat pengembalian kredit. Untuk itu, dilakukan penelitian lapang yang bertujuan untuk mengestimasi model skim kredit serta peran dan keterkaitan stakeholders dalam skim kredit peremajaan kebun kelapa sawit plasma berkelanjutan. Penelitian dilakukan di Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dari bulan Januari 2007 sampai Desember 2007 dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengumpulan data dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) dari 14 responden yang diambil secara purposip (purposive sampling). Data yang terkumpul dianalisis dengan perangkat lunak program Criterium Decission Plus (CDP). Baca selengkapnya (.pdf)

Teknologi Budidaya Jagung Di Sela Tanaman Karet Belum Menghasilkan Di Lahan Kering Kalimantan Tengah

Faktor yang dominan mempengaruhi kondisi pertumbuhan dan produksi pada tanaman karet rakyat di Kalimantan Tengah adalah pemeliharaan yang kurang intensif pada umur tanaman 3 tahun pertama, terutama gulma. Hal ini penting karena pertumbuhan awal akan sangat mempengaruhi produktivitas yang akan dicapai saat tanaman berproduksi, sehingga pengelolaan pada masa TBM menjadi sangat penting. Baca selengkapnya (.pdf)