JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Umum


Success Story Prima Tani Desa Petak Batuah

Desa Petak batuah terletak pada landform rawa belakang yang di dalamnya dilalui bekas sungai lama dan tanggul sungai lama. Tanggul sungai lama posisinya lebih tinggi dengan bentuk wilayah agak datar (lereng 1-2%). Bekas aliran sungai mempunyai bentuk wilayah cekung (lereng 0-3%). Sedangkan rawa belakang yang mendominasi landform di desa ini mempunyai relief datar dengan kemiringan lereng 0-1%.

Berdasarkan sistem klasifikasi Soil Taxonomy (USDA, 2003), tanah-tanah yang dijumpai di daerah penelitian terdiri dari 3 Ordo, yaitu: Histosols, Entisols dan Inceptisols Desa Petak Batuah bertipe iklim basah dengan pola hujan IIIA. Jumlah curah hujan tahunan adalah 2.500 mm dengan pola tunggal (simple wave) terjadi perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau.

Bulan basah (CH>200 mm) terjadi selama 6 bulan pada bulan April-September, dan bulan kering (CH<100 mm) terjadi selama 6 bulan pada bulan Oktober-Maret. Suhu rata-rata tahunan mencapai 28oC. Pada musim hujan lahan terluapi air pasang yang bercampur air hujan, sedangkan pada musim kemarau air tidak sampai ke lahan pertanian. Baca selengkapnya (.pdf)

Success Story Prima Tani Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan

Salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah yang dipilih untuk dijadikan lokasi PRIMA TANI adalah kabupaten Kotawaringin Barat. Hal ini ada kaitannya untuk mendukung program kecukupan beras 2010. Adapun desa yang menjadi lokasi percontohan kegiatan agribisnis (laboratorium agribisnis) adalah desa Kumpai Batu Bawah.

Desa tersebut merupakan lumbung beras di wilayah Kotawaringin Barat dan dijadikan sebagai Desa Mandiri Pangan. Selain tanaman pangan, lokasi tersebut juga merupakan salah satu gudang ternak di Kotawaringin Barat. Desa Kumpai Batu Bawah termasuk dalam kecamatan Arut Selatan, kabupaten Kotawaringin Barat, terletak di bagian Barat Daya dari ibukota kabupaten (Pangkalan Bun).

Luas wilayah desa Kumpai Batu Bawah yang mencapai 3.050 ha, secara administrasi menjadi 13 Rukun Tetangga (RT). Batas wilayah di bagian Utara adalah berbatasan dengan wilayah desa Karang Anyar, di bagian Timur berbatasan dengan desa Kumpai Batu Atas, di bagian Selatan berbatasan dengan desa Trantang, sedangkan di bagian Barat berbatasan dengan sungai Lamandau.Baca selengkapnya (.pdf)