JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Success Story Prima Tani Desa Petak Batuah

Desa Petak batuah terletak pada landform rawa belakang yang di dalamnya dilalui bekas sungai lama dan tanggul sungai lama. Tanggul sungai lama posisinya lebih tinggi dengan bentuk wilayah agak datar (lereng 1-2%). Bekas aliran sungai mempunyai bentuk wilayah cekung (lereng 0-3%). Sedangkan rawa belakang yang mendominasi landform di desa ini mempunyai relief datar dengan kemiringan lereng 0-1%.

Berdasarkan sistem klasifikasi Soil Taxonomy (USDA, 2003), tanah-tanah yang dijumpai di daerah penelitian terdiri dari 3 Ordo, yaitu: Histosols, Entisols dan Inceptisols Desa Petak Batuah bertipe iklim basah dengan pola hujan IIIA. Jumlah curah hujan tahunan adalah 2.500 mm dengan pola tunggal (simple wave) terjadi perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau.

Bulan basah (CH>200 mm) terjadi selama 6 bulan pada bulan April-September, dan bulan kering (CH<100 mm) terjadi selama 6 bulan pada bulan Oktober-Maret. Suhu rata-rata tahunan mencapai 28oC. Pada musim hujan lahan terluapi air pasang yang bercampur air hujan, sedangkan pada musim kemarau air tidak sampai ke lahan pertanian. Baca selengkapnya (.pdf)