JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Harumnya Durian Katingan

Durian diangkut dengan klotokBau wangi durian begitu semerbak setiap kelotok kami berpasasan dengan klotok- klotok yang mengangkut durian di sepanjang Sungai Katingan antara Tumbang Samba dan Tumbang Sanamang”

Katingan, salah satu kabupaten di kalimantan tengah, merupakan daerah penghasil durian. Durian dari katingan pemasarannya  mencapai Kalimantan Selatan dan Surabaya, Jawa Timur. Salah satu daerah penghasil durian di Katingan adalah Tumbang Sanamang. Daerah ini hanya bisa diakses dengan klotok melalui Sungai Katingan. Jalan darat hanya sampai Tumbang Samba. Selanjutnya harus ditempuh dengan klotok  selama ± 7 jam ketika berangkat dan ± 4 jam waktu pulang. Sebenarnya jarak Tumbang Sanamang dari Tumbang Samba berkisar tujuh puluh kilo meter saja,tetapi karena banyak riam yang berbahaya di sepanjang sungai katingan kecepatan klotok hanya 22,5 kilometer per jam dengan melewati desa Batu Pediding, Bedang, Keleweh, Tumbang Marak, Tumbang Angai, Madurei, Tumbang Pangkoh.

Daerah Aliran Sungai ( DAS)  Katingan, seperti DAS pada umumnya merupakan daerah yang subur. Pohon durian banyak terdapat disepanjang DAS Katingan, baik yang dipelihara maupun tumbuh liar. Roni (29 tahun), pedagang pengepul durian, dari tumbang Samba yang mencari peruntungan dengan mencari langsung durian ke tumbang Sanamang. Harga durian di tumbang Sanamang  untuk durian besar delapan ribu rupiah, kecil lima ribu rupiah, dan jika besar dan kecil dicampur tujuh ribu rupiah. Jika beli dipohon (tebas), harga dari satu juta sampai dua juta rupiah tergantung jumlah buah durian dengan onkos petik 100 ribu /hari/ orang. Buah durian dipetik dengan cara diikat dengan tali dari pohon agar tidak rusak. Harga di Tumbang Samba  ditingkat pengepul mencapai dua belas ribu rupiah. Selanjutnya harga eceran di Sampit, Kotawaringin Timur maupun Palangka Raya berkisar 30 ribu sampai 35 ribu bahkan lebih.

Dengan keuntungan yang cukup menggiurkan jumlah pedagang pengepul yang mencari durian langsung ke Tumbang Sanamang semakin banyak.  Dahulu pedagang hanya dari Tumbang Sanamang. Hal ini membawa keuntungan sendiri bagi pemilik kelotok, karena banyaknya durian yang harus diangkut, bahkan penumpang pun harus rela untuk diangkut bersama durian. Tentu keselamatan harus tetap diperhatikan . Oleh harmini, BPTP Kalimantan Tengah. Dimuat di Sinartani. Edisi 15 – 21 Januari 2014 No. 3540 Tahun XLIV