JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Segau Sawi Lokal Khas Kalteng

Kalimantan Tengah terkenal dengan tanaman  sayuran yang khas dan disukai oleh masyarakatnya terutama karena rasanya agak pahit.  Segau adalah salah satu jenis sayuran sawi lokal yang banyak  tumbuh di daerah lembab dan biasanya ditanam pada saat musim hujan di sawah bersamaan saat menugal padi. Kebiasaan ini dilakukan oleh petani di daerah Kabupaten Gunung Mas.

Benih di sebar di sela tanaman padi. Umur tanaman siap panen sekitar 3 minggu dan siap dijual di pasaran dengan harga yang cukup mahal. 1 ikat segau harganya bisa mencapai Rp. 5.000,-. Sayuran ini tidak tersedia setiap saat di pasaran seperti sayuran lainnya karena tidak dibudidayakan secara khusus, atau hanya merupakan tanaman  sampingan. Selain itu, rata-rata konsumen merupakan penduduk lokal.

Sebenarnya tanaman sayuran segau ini mudah dibudidayakan, namun pasarnya tidak seperti tanaman sawi biasa. Benih diambil dari tanaman yang sengaja dibiarkan tua dan berbunga untuk  menghasilkan biji. Petani telah memiliki kearifan lokal sehingga sudah terbiasa kapan saat menanam, panen, membuat benih maupun menyimpannya.

Menurut masyarakat, banyak variasi masakan sayuran yang bisa dimasak dengan sayuran ini. Misalnya direbus sebentar untuk lalapan, oseng-oseng atau untuk acara adat yaitu dimasak dengan dicampur daging. (Iruk/Sintha)