JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Semangat di Luar Jawa

Semangat Gertam Cabai juga berlangsung di luar Jawa. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang tersebar di seluruh Indonesia mendapat amanah menyiapkan bibit si pedas untuk didistribusikan ke masyarakat.

Bukan hanya itu UPT di bawah Badan Litbang Pertanian ini juga wajib memberikan pendampingan serta pembinaan budidaya cabai.

Tahun ini, BPTP Balitbang Pertanian Kalimantan Tengah mendapat bagian menyiapkan bibit cabai sejumlah 150 ribu. Balitbang Pertanian mendapat tugas menyediakan bibit cabai sebanyak 15,4 juta bibit.

Di Kalimantan Tengah, penyelenggaraan Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Tingkat Provinsi dipusatkan di Desa Kanamit Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengajak masyarakat mulai menanam cabai dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan kosong agar kebutuhan rumah tangga terpenuhi sendiri.

Kepala BPTP-Balitbang Pertanian, F. F. Munir mengatakan, kegiatan Gertam Cabai  merupakan kebijakan Kementerian Pertanian menggerakkan tanam cabai di tingkat rumah tangga, sekaligus merupakan program nasional untuk mengatasi inflasi.

Selain di Pulang Pisau, pencanangan juga dilakukan di Kota Palangka Raya. Lokasinya di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya. Sedangkan di Kabupaten Kapuas digelar di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat.

Sampai akhir Februari 2017, telah didistribusikan sebanyak 14,2 ribu bibit cabai. Di Kota Palangka Raya (2.700 bibit), Kabupaten Kapuas (6 ribu bibit) dan Kabupaten Pulang Pisau (5.500 bibit).

Sementara itu BPTP Balitbang Pertanian Riau juga melakukan pendampingan kepada ibu-ibu PKK dalam kegiatan budidaya cabai di pekarangan. Kegiatan pendampingan berupa pelatihan-pelatihan mengenai pembibitan, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan kegiatan pascapanen.

BPTP Balitbang Pertanian Riau menyediakan 500 ribu batang bibit cabai yang akan didistribusikan ke ibu-ibu PKK di seluruh Provinsi Riau. Hingga pertengahan Maret 2017 jumlah bibit cabai yang telah kami didistribusikan sebanyak 25 ribu. “harus diakui saat ini tingkat pengetahuan ibu-ibu PKK untuk budidaya cabai masih rendah. Karena itu kami memberikan pendampingan secara berkelanjutan,” kata Kepala BPTP Balitbang Pertanian Riau, Kuntoro Boga Andri.

Semangat Gertam Cabai juga berlangsung di Bengkulu. Pencanangan gerakan berlangsung di pekarangan rumah milik anggota Gapoktan Sumber Makmur, Desa Lawang Agung, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma. Bupati Seluma, H. Bundra Jaya mengatakan, program Gertam Cabai diarahkan untuk mengajak masyarakat menanam cabai di lahan pekarangan.

“Gerakan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga dan mengatasi tingginya fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun,” katanya.

Tia/Sandis/Sazuli/Yul. Dimuat di Sinar Tani Edisi 5 - 11 April 2017 No. 3697 Tahun XLVII