JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PEMASARAN PISANG KEPOK DI KALIMANTAN TENGAH

ABSTRAK

Di Kalimantan Tengah terdapat bermacam komoditas hortikultura di antaranya pisang. Salah satu jenis pisang yang mempunyai prospek untuk dikembangkan secara luas adalah pisang Kepok, karena dapat dijadikan bahan industri makanan berupa tepung. Daerah tujuan pemasaran untuk bahan industri tersebut adalah ke pulau Jawa. Daerah sentra produksi pisang Kepok ini tersebar di beberapa daerah kabupaten, sehingga diperlukan sistem pemasaran efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mempelajari sistem pemasaran, meliputi saluran, marjin pemasaran serta bentuk pasar, 2) mempelajari masalah-masalah yang dihadapi dalam sjstem pemasaran Penelitian dilakukan dengan metode survei sosial-ekonomi. Dipilih tiga daerah kabupaten sebagai sentra produksi, yaitu kabupaen PuIang Pisau, Barito Timur dan Kotawaringin Barat. Pengambilan data primer dilakukan dengan wawancara terhadap responden baik petani maupun pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani pisang Kepok cukup efisien. Saluran pemasaran umumnya petani-pedagang pengumpul desa-pengecer-konsumen dengan marjin pemasaran pisang 48,5-68%. Saluran pemasaran dari kecamatan Pangkoh (kab. Pulang Pisau) untuk tujuan Palangka Raya yang paling efisien Producen-pedagang pengumpul desa-konsumen dengan indeks efisiensi teknis (T) dan indeks efisiensi ekonomis (E) yang paling kecil (T=27,39 dan E 2,1), serta nilai farmer’s share yang paling besar 51,4%. Masalah dalam pemasaran bagi pedagang adalah sulitnya memperoleh bahan dan lemahnya permodalan.

Kata Kunci: Pemasaran, pisang Kepok, Kalimantan Tengah

Oleh: Rachmadi Ramli dan Yanti Rina