Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Senin, 22 Desember 2014

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Publikasi >> Info Teknologi >> Teknologi Pengolahan Hasil Buah Durian
Teknologi Pengolahan Hasil Buah Durian PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 26 Mei 2010 14:24

Produksi buah durian pada saat musim panen raya melimpah dan sebagian tidak dapat diserap oleh konsumen karena lokasi kebun yang jauh dari pasar. Oleh karena itu, masyarakat di daerah tersebut ingin meningkatkan daya simpan durian dengan mengolahnya menjadi “lempok”.

Lempok merupakan jajanan semi basah yang dibuat dari buah durian dengan atau tanpa penambahan gula yang dimasak selama kurang lebih 6 jam sehingga berbentuk seperti dodol. Lempok yang akan dipasarkan dikemas dengan plastik (Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara) ataupun daun tantowu (Kabupaten Katingan) berbentuk silinder dengan berat 0,25-0,50 kg.

Konsumen lebih menyukai lempok produksi Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara dibanding lempok Kabupaten Katingan. Pengkajian ini mengidentifikasi teknologi pengolahan lempok yang ada pada ketiga kabupaten tersebut. Selanjutnya dibuat lempok berdasarkan dengan berbagai formula yang diuji tingkat kesukaan dari produk tersebut.

Lempok yang disukai adalah yang dibuat dari bahan baku utama daging buah durian : tepung ketan (9 : 1) dengan penambahan 20% gula dan 14% santan dari berat bahan baku utama. Hasil analisis finansial menunjukkan R/C rasio 1,58. Untuk pengemasan, telah dibuat kemasan tas kertas dan kotak kemasan sekunder. Dari hasil pengkajian menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai kemasan kotak dibanding tas kertas. Baca selengkapnya (.pdf)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com