Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Minggu, 21 Desember 2014

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Publikasi >> Leaflet
Leaflet



Mengenal Sapi Lokal Kalteng Sapi Katingan PDF Cetak E-mail
Publikasi - Leaflet
Selasa, 25 Maret 2014 09:53

Kalimantan Tengah memiliki sapi lokal, merupakan plasma nutfah daerah yang perlu dibudidayakan, ditingkatkan kualitasnya melalui seleksi dan wajib dilestarikan agar tidak punah.

 
Teknik Produksi Benih Sumber Padi PDF Cetak E-mail
Publikasi - Leaflet
Rabu, 19 Maret 2014 09:49

Sistem perbenihan padi yang tangguh dan berkelanjutan sangat diperlukan untuk menjamin pemenuhan prinsif 6 tepat: tepat jumlah, varietas, mutu, waktu, lokasi dan harga.  Peran para pelaku usaha perbenihan (penangkar benih) dalam penyediaan benih bermutu sangat penting.

Benih sumber yang akan digunakan untuk pertanaman produksi benih harus satu kelas lebih tinggi dari kelas benih yang akan diproduksi.   Benih kelas FS yang akan diproduksi , benih sumbernya adalah benih kelas BS (Breeder Seed/ benih penjenis), sedangkan untuk memproduksi benih kelas SS/BP,  boleh menggunakan benih kelas FS.

Pemeriksaan benih sumber, mencakup sertifikasi benih yang berisi informasi asal benih, varietas, tanggal panen maupun mutu benih (daya kecambah, kadar air, dan kemurnian fisik benih).  Informasi ini diperlukan sebagai kelengkapan proses pengajuan sertifikasi benih. Secara umum tidak terdapat perbedaan budidaya untuk tujuan produksi benih dengan konsumsi.

 
Teknologi Pembuatan Silase Komplit PDF Cetak E-mail
Publikasi - Leaflet
Selasa, 11 Maret 2014 09:38

Silase adalah pakan ternak yang masih memiliki kadar air tinggi sebagai hasil pengawetan hijauan makanan ternak atau bahan-bahan lain melalui suatu proses fermentasi yang dibantu oleh jasad renik dalam kondisi anaerob (tanpa oksigen) baik dengan penambahan atau tanpa penambahan bahan pengawet.  Pada daerah pertanian, jumlah produksi limbah pertanian sangat besar terutama jerami, baik jerami padi, jerami jagung maupun jerami kacang-kacangan, namun bahan ini belum dimanfaatkan secara optimal sebagai pakan ternak bahkan banyak yang dibuang begitu saja. Selain potensi limbah pertanian, Kalimantan Tengah juga memiliki potensi rumput lokal yang ketersediaannya melimpah, seperti rumput ladingan, pring-pringan, klamenta, pait-paitan dll yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal sebagai pakan ternak.

 
Teknologi Budidaya Padi Sistem Ratun Di Lahan Pasang Surut PDF Cetak E-mail
Publikasi - Leaflet
Selasa, 04 Maret 2014 09:36

Ratun atau Singgang (Jawa) atau Turiang (Sunda) yaitu rumpun tanaman padi yang tumbuh kembali setelah dipanen. Keuntungan penerapan ratun adalah cepat, mudah dan murah serta dapat meningkatkan produktivitas padi per unit area dan per unit waktu (Nair dan Rosamma 2002).  Penerapan budidaya padi dengan sistem ratun dengan memanfaatkan varietas berdaya hasil tinggi secara luas, dapat memberi andil dalam meningkatkan produktivitas padi

 
Pengelolaan Tanaman Terpadu PTT Kedelai PDF Cetak E-mail
Publikasi - Leaflet
Selasa, 25 Februari 2014 09:34

Kedelai dapat dikembangkan pada berbagai lahan bahkan dapat pula diusahakan di lahan pasang surut.  Tanaman ini tidak tahan genangan, tidak dianjurkan menanam kedelai di lahan pasang surut tipe luapan air A (selalu terluapi). Penanaman serempak pada satu hamparan dapat mengurangi biaya produksi dan menekan tingkat serangan hama penyakit.

 


Halaman 1 dari 7
Joomla Templates by JoomlaVision.com