Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Sabtu, 1 November 2014
banner4
Serba-Serbi MKRPL
epetani
banner3
cyber-ex
katam
Sinar Tani

BPTP Kalteng Online

Link Website

Home >> Program Strategis >> SL-PTT
SL-PTT

SL-PTT adalah sekolah yang seluruh proses belajar-mengajarnya dilakukan di lapangan. Hamparan sawah milik petani peserta program penerapan PTT disebut hamparan SL-PTT, sedangkan hamparan sawah tempat praktek sekolah lapang disebut laboratorium lapang (LL). Sekolah lapang seolah-olah menjadikan petani peserta sebagai murid dan pemandu lapang (PL I atau PL II) sebagai guru. Namun pada sekolah lapang tidak dibedakan antara guru dan murid, karena aspek kekeluargaan lebih diutamakan, sehingga antara .guru dan murid. saling memberi pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman

PTT adalah pendekatan dalam pengelolaan lahan, air, tanaman, organisme pengganggu tanaman (OPT), dan iklim secara terpadu dan berkelanjutan dalam upaya peningkatan produktivitas, pendapatan petani, dan kelestarian lingkungan. Tujuan penerapan PTT padi, jagung dan kedelai adalah untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani padi, jagung dan kedelai serta melestarikan lingkungan produksi melalui pengelolaan lahan, air, tanaman, OPT, dan iklim secara terpadu. Prinsip PTT mencakup empat unsur, yaitu integrasi, interaksi, dinamis, dan partisipatif.

Badan Litbang Pertanian mempunyai peran strategis dalam mendukung program SL-PTT dan PSDS/K. Peran ini sesuai dengan UU No. 39/2008 tentang Kementerian Negara, pasal 9 mengamanahkan bahwa unsur Badan dalam Kementerian Negara berfungsi sebagai pendukung Direktorat teknis. Sejalan dengan amanah UU tersebut, maka seluruh Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Pertanian, khususnya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) diwajibkan secara proaktif melakukan pendampingan dan pengawalan secara nyata pada program Sl-PTT yang sedang dilaksanakan di wilayah kerjanya masing-masing.

Berdasarkan kesepakatan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional 2012, bahwa di Provinsi Kalimantan Tengah sampai pada tahun 2014 mendatang SL-PTT tetap menjadi triger untuk mencapai target produksi padi, jagung dan kedelai di Kalimantan Tengah.

Sejalan dengan peran BPTP dalam mendukung SL-PTT, peneliti  dan penyuluh di BPTP mendapat tugas melaksanakan pendampingan dan pengawalan PTT di wilayah kerjanya masing-masing. Terkait penugasan ini, bila dukungan pendanaan mencukupi, maka peneliti dan penyuluh BPTP Kalimantan Tengah pada tahun 2014 akan melaksanakan pendampingan dan pengawalan di 13 kabupaten/kota. Pendampingan dan pengawalan yang dilakukan oleh peneliti dan penyuluh BPTP Kalimantan Tengah didukung oleh peneliti UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian.

Bentuk kegiatan pendampingan dan pengawalan PTT padi, jagung dan kedelai yang akan dilakukan oleh peneliti dan penyuluh BPTP Kalimantan Tengah bersama-sama peneliti dari UK/UPT Badan Litbang Pertanian adalah (1) Uji adaptasi varietas,  (2) mengawal penerapan teknologi spesifik lokasi dan penerapan kalender tanam, (3) menjadi narasumber pada pelatihan PL-II, PL-III), dan  pelatihan di tingkat BPP, (4) supervisi dan bimbingan lapangan penerapan PTT, dan (5) Menyebarkan publikasi, bahan cetakan dan elektronik untuk bahan penyuluhan, (6) menyampaikan teknologi tepat guna melalui Badan pelaksana penyuluhan/Kelembagaan yang membidangi penyuluhan di Kabupaten/Kota sebagai meteri penyuluhan pertanian.





Berita Seputar SL-PTT

Joomla Templates by JoomlaVision.com